ARTI TANGISAN BAYI

Terkadang kita suka kebingungan kalau bayi kita menangis. Mau ditanya, jelas engga akan bisa jawab. Mana ada bayi yang bisa ngomong kecuali Nabi Isa. Untungnya kedua anakku laki-laki, jadi aku tidak terlalu dipusingkan dengan tangisan. Lagipula kedua anakku sewaktu bayi bertipe malaikat, mereka jarang menangis dan murah senyum.
Tapi jangan khawatir berikut ini adalah tips mengenali arti tangisan bayi anda, walau tidak 100% akurat. Berdasarkan pengalamanku dengan bayi-bayiku dan keponakanku tidak ada salahnya buat dibaca.
Oh ya artikel ini aku ambil dari iklan MOLTO ditambahi dengan pengalamanku menangani bayiku.

1. Si kecil menangis berulang-ulang dengan jeda untuk menarik nafas. Mungkin dia sedang lapar. cobalah beri dia susu ( ASI atau Formula ) atau makanan kesukaannya.

2. Si kecil menangis melengking, terengah-engah, kemudian menangis lagi. tidak mau disusui atau dibujuk dengan cara apapun. Mungkin ia terjatuh dan badannya sakit, ayunkan tubuhnya dengan lembut. Kalau dia tidak mau diayun mungkin dia lagi kholik ( kholik adalah sakit perut yang diakibatkan terperangkapnya udara ketika menyusui). Gendong ia dengan posisi bertelengkup di bahu seperti posisi hendak menyendawakan lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut sambil bershalawat atau bersenandung.

3. Si kecil menangis berteriak tanpa henti, tidak mau diayun atau digendong dengan cara apapun. Mungkin ia bosan, ajaklah ia bermain-main dengan bersenandung, atau berbicara. Jika hari masih siang Kalau dan dia masih menangis ajak saja dia keluar rumah . Berjalan-jalan atau bertemu teman sebayanya salah satu hal yang cukup ampuh untuk membuatnya terdiam dan tertawa lagi.

4. Si kecil menangis merengek-rengek dan tidak mau tidur padahal sudah jamnya dia untuk tidur. susui atau beri dia dot kalau dia menolak karena mungkin perutnya kenyang, angkat saja lalu timang-timang, ayun tubuhnya dengan perlahan hingga terlelap.

5. Si kecil menangis seakan ia sedih atau marah. Ia kesepian, temani saja sampai ia tenang kembali.

6. Si kecil menangis dengan memilukan diikuti gerakan tubuh yang lesu dan lemah, bahkan tangisannya mungkin terdengar seperti suara rintihan. Ia sakit segera bawa ke dokter.

dan yang terakhir ini iklan dari MOLTO nya, he..he..he…

7. Si kecil menangis bertambah keras dan mulai menggeliat-geliat di tempat tidurnya. Ia merasa tidak nyaman dengan pakaian, seprai dan selimutnya. Coba ganti dan bilas semuanya dengan MOLTO PURE.
Oh..ya cek juga badannya mungkin ada bentol atau serangga yang menggigit segera beri minyak kayu putih, atau Calladine atau bawang merah yang dibelah lalu getahnya oleskan ke bentolnya.

%d blogger menyukai ini: