MENGOLAH MAKANAN SISA

MENGOLAH MAKANAN SISA

Jika ada makanan sisa sebaiknya tidak dibuang begitu saja, ingat di luar sana masih banyak orang yang memerlukan makanan. tetapi kalau tidak mungkin makanan itu dimakan kembali karena suami dan anak-anak tidak mau memakannya karena udah bosan atau bentuknya sudah tidak menarik lagi, berikut adalah tips mengolah makanan kembali yang saya ambil dari majalah Femina tahun 2005 dan pengalaman saya pribadi.

1. Ada sisa ayam goreng, gepuk, ayam bakar, opor ayam atau cumi, goreng ikan mas, nila atau ikan asin , and everything sejenis daging, ikan laut atau asin. suir makanan tersebut untuk dicampur dengan masakan lain seperti nasi goreng, tumis sayuran, isi pastel atau kroket.
2. Jika anda memasak gudeg yang biasanya kita masak dengan porsi yang tidak sedikit, karena alasan masak yang ribet maka rasanya mustahil kalau kita bikin gudeg hanya untuk sekali makan. Dan ujungnya bisa ditebak gudeg bakalan tersisa dan siap menghuni tong sampah. eits… sekarang jangan dibuang, tambahkan irisan bawang merah, bawang putih cabai rawit, serai dan daun singkong lalu tumis.
3. Hidangan pasta atau mi : aduk rata dengan telur tambahkan keju, sosis dan toping lainnya jika ada tuang ke dalam loyang lalu panggang. Taraaam… jadilah skutel yang enak.
4. tempe goreng : haluskan bersama cabai rawit, bawang putih, dan kencur menjadi sambel tempe.
5. tahu goreng : iris tipis-tipis lalu goreng kering.. rasanya bakalan seperti kerupuk tahu yang enak.
6. Buah-buahan tidak termakan karena lupa menyimpan di dalam kulkas..kalau belum busuk bentuknya sudah lunak dan berair bisa dimanfaatkan sebagai berikut : strawberi, nanas, mangga olah saja jadi selai. kalau pisang yang warnanya udah hitam tapi isinya masih layak makan bisa buat campuran kue bolu pisang.
7. roti tersisa yang terkadang teksturnya sudah agak keras, potong dadu, tumis dengan minyak zaitun berikut bawang putih cincang dengan garing, taburi keju parmesan, jadilah crouton. atau buat puding, campur roti dengan kismis, susu kental manis dan telur ayam. Masukan ke dalam loyang kemudian panggang.
8. Kumpulkan sisa- sisa potongan worel, daun bawang, seledri dan bawang bombay, rebus bersama air di atas api kecil sampai maang lalu saring. tuang ke dalam cetakan es batu lalu simpan dalam freezer kalau perlu tinggal ambil.
9. Oh ya sayur kacang yang tidak habis bisa di masak sampai airnya kering terus tambahkan kecap bila suka. setelah kering beri minyak kelapa lalu goreng kering.

tapi hati-hati tidak semua makanan sisa bisa diolah lagi lho, sayur-sayur yang sudah dimasak seperti bayam, kangkung hindari pengolahan ulang karena bahaya untuk kesehatan tubuh.

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    larismu said,

    Kalo Bisa makanan gk usah di sisain , Kalo Beli Dikit aja sebutuhnya aja

  2. 2

    Omi said,

    Kreatif…tq yah idenya…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: