Tips memilih sekolah dasar (SD) buat anak.

Setiap tahun ajaran baru, Selalu ada orang tua yang kebingungan memilih sekolah yang tepat untuk anaknya terutama untuk sekolah dasar. Di bawah ini ada tip-tip untuk memilih sekolah bagi anak SD mudah-mudahan membantu.

1. LOKASI SEKOLAH
Untuk anak SD lokasi sekolah bisa jadi sangat menentukan kenyamanan mereka. Karena fisik mereka masih belum sekuat anak SMP atau SMA. Pilihlah sekolah yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal untuk mengurangi keletihan mereka selama bersekolah. Hindari tempat sekolah yang jalannya melintasi jalanan macet. Pikirkan juga waktu ekstra yang harus kita keluarkan untuk mengantar dan menjemput mereka disekolah, apalagi kalau si anak mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.

2. FASILITAS SEKOLAH
Perhatikan fasilitas yang diberikan oleh sekolah. Apakah kantinnya bersih dan terjamin? Apakah Toiletnya bersih dan terawat? Apakah sekolah juga memiliki perpustakaan yang reprensentatif sehingga dapat menunjang kegemaran anak membaca ? Apakah kelas-kelas terlihat bersih, terang dan nyaman ? Fasilitas yang Reprensentatif memang bukanlah penentu prestasi yang utama. Karena faktor utama tetaplah di anak itu sendiri. Tetapi minimal dengan fasilitas yang memadai akan menjadikan anak nyaman selama bersekolah.

3. LOKASI SEKOLAH Yang AMAN
Sekolah dekat jalan raya yang ramai, Dekat sungai atau selokan yang arusnya deras dan dalam ataupun dekat keramaian membutuhkan pengawasan khusus terutama siswa kelas 1 dan 2. Pertimbangkan waktu yang kita perlukan untuk menunggui/mengawasi mereka. Jika kita tidak memiliki waktu/orang untuk mengawasi mereka pilihlah sekolah dengan lokasi teraman.

4. EKSTRAKURIKULER
Kegiatan Ekstrakurikuler penting untuk menyalurkan jiwa kreatif anak kita. Pilihlah sekolah menyediakan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat anak kita. Tetapi hati-hati untuk anak SD jangan mengikuti terlalu banyak kegiatan ekstrakurikuler karena bisa-bisa waktu mereka habis untuk kegiatan tersebut. Ingat mereka juga mungkin masih harus mengikuti les atau mengaji, dan yang terpenting juga jangan sampai menghilangkan waktu untuk bermain mereka.

5. GURU Yang KOOPERATIF
Pilihlah sekolah yang guru-gurunya kooperatif dengan orang siswa sehingga memudahkan kita dalam memantau perkembangan anak kita.

Sekolah Dasar bisa jadi penentu yang terpenting untuk perkembangan pendidikan anak kita selanjutnya. Bayangkan anak-anak kita akan menghabiskan waktu selama 6 tahun di sekolah tersebut. Jangan sampai asal memilih SD. Pilihlah SD yang sesuai dengan kebutuhan anak dan kita tentunya.

Tips di atas mudah-mudahan dapat membantu orang tua dalam menentukan SD yang tepat. Bagi yang akan menambahkan silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: