Alat Pemanggang kue

Ngomong-ngomong soal alat pemanggang kue, aku punya beberapa alat pemanggang kue yang terdiri dari :
1. panci elektronik Vienta
Alat ini mirip rice cooker karena emang rice cooker yang dibuat untuk berbagai macam fungsi diantaranya : memasak nasi cepat, memasak nasi biasa, membuat bubur, membuat soup, menghangatkan dan memanggang. Alat ini pernah kugunakan untuk membuat bubur dan beberapa kali memanggang kue. Selain tiap hari kugunakan untuk memasak dan menghangatkan nasi tentunya. Dalam menggunakannya aku tidak pernah mengalami kegagalan, bubur yang lezat dan kue yang nikmat sudah kuhasilkan termasuk memasak nasi. Cuma yang jadi masalah adalah bentuk kue yang tidak ada variasi tonjolannya seperti pada loyang.
Memanggang kue pada alat ini hanya tinggal masukkan bahan yang sudah diproses kedalamnya terus set tombol function ke bake lalu set timernya 60 menit terus tekan start. Maka alat sudah mulai memanggang. Kalau dibuka belum kering maka tambah lagi waktunya 10 menit atau lebih 15 menit. Sayang wattnya cukup besar yaitu 500 watt enggak cocok buat yang pengen hemat listrik.

2. Panci Serba guna merk Bima
Panci ini lumayan keren, dengan tutup kaca yang transparan. Alat ini bisa untuk memanggang, merebus tanpa air, memasak dengan semi presto. Tapi aku sering gagal menggunakannya kecuali lagi masak nasi liwet. Pada saat merebus tanpa air aku merebus daun singkong hasilnya daun singkongnya gosong. Aku baca lagi petunjuknya ternyata mungkin sayurannya harus yang mengandung air. Terus ketika ku gunakan untuk memanggang kue, kuenya bau asap jadi aku sedikit kapok menggunakannya. Tetapi ketika dipakai untuk membuat kue putu ayu yang dikukus, Kue itu terlihat sempurna dengan rasa yang lezat. Mungkin untuk memanggang kue pada panci itu aku belum punya caranya yang tepat. Tapi aku mau coba terus. Oh ya membuat nasi dengan panci ini sangat praktis dan menghemat waktu dibanding dengan manual biasa. Lumayanlah kalau lagi mati listrik atau ada acara liwetan panci ini bisa diandalkan

3. Oven listrik
Oven punyaku adalah merk mitseda yang tidak tulisan angka pada ukuran suhunya. Aku beli bekas seharga 250.000 rupiah. AKu pikir murah banget tapi ternyata ada yang jual di internet harganya ya…segitu. Oven in pernah kupakai satu kali belum kupakai lagi karena emang baru beli. Hasilnya lumayan bagus walau tak sebagus otang ( oven tangkring ). Oh ya waktu itu memakainya dikira-kira cara mengeset suhunya karena tidak ada tulisan angka di ukuran suhunya jadi aku set tombolnya ditengah-tengah, lalu apinya juga aku set ditengah-tengah juga. Untuk timernya aku set 60 menit. Maklum karena bekas aku tidak memiliki petunjuk pemakaiannya. Tapi syukurlah kue itu jadi juga. Sangat praktis dan tidak usah buka tutup kaya di Oven tangkring karena kalau matang oven itu bunyi cuma sayang walau sangat praktis listriknya yang 1000 watt membuat aku mikir-mikir kalau pakai lagi. Tapi aku janji mau pakai lagi deh.

4. Otang ( Oven Tangkring )
Yang terakhir ku beli seminggu yang lalu belum dibuka plastiknya. Tapi aku sangat percaya dengan kemampuannya karena sebelum aku punya rumah kan aku sering masak kue di rumah ibuku dengan menggunakan oven ini. Kekurangannya kalau oven ini sangat tergantung pada kompor, kalau besar api tidak sama atau ovennya miring pada saat nyimpen dikompor maka kue jadi ikutan miring.

Itulah alat pemanggang kue yang kumiliki. Untuk saat ini aku belum berniat beli alat pemanggang kue yang lain. Karena yang terakhir kali ketika aku membawa otang, suamiku melirik sedikit aneh. Pikirnya : aku bawa apaan lagi?. Tapi aku sih pura2 cuek walau sempat deg-degan takut diomelin lagi. Soalnya dia tahu aku sudah punya macam-macam alat pemanggang kue.

Tinggalkan Balasan

