PENGALAMAN MENGGUNAKAN BREADMASTER

Harganya yang cukup mahal bagiku, membuat saya menimbang-nimbang dalam waktu yang cukup lama untuk memilikinya. Sehingga akhirnya aku ga tahan untuk tidak membelinya.  Dengan menggunakan alamat sekolah tempatku mengajar aku mendapat si breadmaster ini.  Kenapa aku tidak memilih re-bread karena pertimbangannya cukup klasik yaitu selisih harga yang lumayan

Belakangan aku tahu ternyata antara bread master dan re-bread adalah dua mesin pembuat roti yang serupa tapi tak sama. Fiture re-bread lebih variatif (menurutku) dibanding breadmaster. tulisan menu pada re-bread menggunakan bahasa Indonesia sedangkan pada masterbrean bahasa Inggris. ada menu pembuat bubur pada re-bread tapi ada menu defrost pada breadmaster. dan lain-lainnya

Kalau ada yang nanya menyesalkan membeli breadmaster. aku akan jawab : tidak sama sekali. Bagiku benda itu benda ajaib yang luar biasa. dia bisa membuat adonan roti dengan sempurna ( karena selama ini aku tidak pernah berhasil membuat roti ).

Apa saja yang sudah aku buat dengan breadmaster ini adalah sbb :

  1.  Roti tawar dari ngadon sampai jadi roti matang
  2. Roti isian. Bahan adonan aku masukan lalu aku proses sampai jadi adonan roti ( menu Dough ) lalu sesudah adonannya berfermentasi maka adonannya aku bentuk sendiri dan di isi ama coklat atau keju lalu dipanggang pakai oven biasa
  3. Membuat kacang tanah panggang walau ternyata rasanya lebih enak digoreng pakai minyak
  4. Membuat selai nanas (di iklan ketika membuat selai stroberry, buahnya cuma dipotong-potong kecil lalu dimasukan kedalam masterbread ditambah gula dan jadi selai ) tapi pada nanas hal itu tidak berlaku. karena sampai jadi ternyata nanasnya tidak hancur maka aku blender selainya lalu aku masukan lagi kedalam breadmaster
  5. Membuat yogurt.  ketika pertama kali membuat yogurt dengan breadmaster hasilnya kurang memuaskan. aku menduga karena pembuatannya yang tidak sempurna. yaitu waktu itu aku langsung memasukan susu yang dingin baru keluar dari kulkas langsung kedalam bread master, air yang aku gunakan untuk mensterilkan panci breadmaster tidak terlalu panas dan panci tidak ditutup pakai alumunium foil
  6. membuat adonan sistick menggunakan menu knead
  7. Membuat adonan donat menggunakan menu dough
  8. Memanggang brownis walau ternyata atasnya masih agak mentah sedikit sehingga akhirnya aku oven lagi menggunakan oven biasa. harusnya aku menambahkan waktu memanggang menjadi 45 menit atau satu jam. karena waktu memanggang bawaan breadmaster adalah 30 menit.

Sebenarnya masih banyak menu yang belum aku coba seperti membuat tape ketan, membuat bubur, membuat  ulen, men- defrost makanan beku dan banyak lagi.

Buat para bunda yang sibuk tetapi menginginkan cemilan sehat yang praktis maka pilihan masterbread sangat membantu.

Leave a comment »

MEMBUAT YOGURT DENGAN BREADMASTER

Membuat yogurt dengan breadmaster sangat mudah. Bahkan stater/bibitnya hanya menggunakan chimori tanpa rasa (Plain).  Hasilnya sangat memuaskan. Berikut cara-caranya :

  1.  Sediakan susu murni 1 liter. Kalau susunya dingin karena baru keluar dari kulkas maka biarkan dalam suhu ruang 1 jam.
  2. Siapkan yogurt chimori rasa plain satu botol
  3. kertas alminium foil untuk menutup panci breadmasternya
  4. Setelah bahannya siap. Sterilkan panci roti dengan menggunakan air mendidih. jangan sampai ada minyak atau kotoran yang membuat hasil fermentasi gagal
  5. lalu masukan susu tambahkan yogurt satu boto. tambahkan gula sesuai selera. kalau saya tanpa gula karena gulanya bisa nanti ditambahkan kalau yogurtnya sudah jadi
  6. tutup panci breadmaster menggunakan kerata alumunium foil. Tutup yang rapat.
  7. Seting breadmaster dengan menu yogurt lalu tambahkan waktunya sampai 12 jam
  8. Biarkan sampai selesai. Biarkan beberapa jam lagi di dalam breadmaster agar hasil lebih maksimal dan jika dirasa sudah cukup, pindahkan ke dalam tempat tertutup dan simpan dikulkas
  9. Yogurt buatan sendiri tentu lebih sehat dan enak

 

Selamat mencoba

 

Leave a comment »

PENGALAMAN MENGGUNAKAN MESIN CUCI SATU TABUNG

Setelah bertahun-tahun menggunakan mesin cuci dua tabung, pada tahun 2013 saya membeli mesin cuci satu tabung merk “Sharp”. pertimbangannya aku membeli merk ini adalah karena memang merk itu terkenal banget. Asumsinya kalau ada kerusakan saya bisa mereparasinya dengan mudah karena tempat reparasinya mudah dicari. Jadilah beberapa barang elektronik saya kebanyakan merk sharp.

Tetapi memang kerusakan pada mesin cuci lebih sering terjadi di banding ama kulkas dan TV. Penyebabnya jelas sekali karena mesin cuci sering di otak atik pakai tangan untuk pemakaiannya. berbeda ama tv dan kulkas. kulkas merk “Sharp” kepunyaan saya Alhamdulillah belum pernah bermasalah sejak beli. dia dapat menyimpan makanan dengan kekuatan yang maksimal serta dapat membuat ice batu dengan cepat di banding kulkas kepunyaan ibuku. tapi tentu saja membandingkan itu harus adil. kulkas kepunyaan ibuku usianya sudah lama banget udah lebih dari 15 tahun. udah jadul banget sementara kulkasku usianya baru sekitar 6 sampai 7 tahunan. dan kulkasku dua pintu sedangkan punya ibuku satu pintu. jadi kualitasnya jelas lebih bagus.

Oh ya kembali  ke mesin cuci. Masalah yang sering terjadi pada saya selama menggunakan mesin cuci ada dua yaitu:

  1.  Aliran air tidak lancar

Air yang tidak lancar salah satu penyebabnya adalah air yang tidak bersih, sehingga ada kotoran yang menyumbat di saluran air. saya menggunakan air sumur bor yang rada kuning dan memiliki endapan sehingga sering kali air yang mengalir menjadi tersumbat. aku biasanya membersihkan saringan air yang ada di atas mesin cuci. menyikatnya dengan sikat gigi lalu memasangnya kembali. Aliran air yang kecil suka  membuat waktu mencuci menjadi lama. jadi saya suka langsung memasukan selang ke dalam mesin langsung tanpa melalui saringan mesin. jadinya memang manual tapi waktu mencuci lebih cepat. He.he..he.. apakah berisiko mempercepat keruksakan mesin? Wallohu alam bishowab. karena ketika saya tanya tukang reparasi mesin cuci dia menjawab. ” tidak apa-apa” katanya.

  1.  Mesin mati dan tidak mau menyala

Nah ini yang terjadi pada saya setelah pemakaian selama kira-kira 3 tahun ( sekitar bulan Agustus 2016). pas mau nyuci ternyata mesin ga mau nyala alias mati total. sedih banget deh. ketika saya panggil tetangga yang biasa ngereparasi barang elektronik untuk memeriksa mesin cuci saya ternyata control sirkuit (PCB).  papan digital yang mengontrol segala pengoperasian mesin ( Ini definisi yang saya pikirkan ). Saya kira-kira kerusakan itu terjadi karena kebasahan saat ngisi air secara manual. Karena dia tidak bisa memperbaiki mesin cuciku maka saya panggil  tukang reparasinya langsung dari Sharp. sambil mempebaiki, saya jelas tidak tinggal diam. saya ngoceh panjang lebar menanyakan seputar pemakaian mesin cuci. ini hasil tanya jawabnya.

  • Apakah penyebab kerusakan PCB karena saya suka memasukan air secara langsung. Jawabnya adalah : bukan. tapi karena listrik tidak dicabut dari stop kontaknya. Oo..begitu jadilah sejak saat itu aku selalu mencabut listrik dari stop kontaknya.Oh ya harga PCB plus ongkos memasangnya adalah Rp 595.000 atau sekitar Rp 600.000 ( tahun 2016 )
  • Berapa banyak cucian yang diperbolehkan masuk ke mesin cuci agar mesin cuci awet. Walau ada ukuran maksimal berat pakaian untuk mesin cuci. misalnya 6 kg atau 7 kilo dst. tapi jelas imposible banget kalau tiap nyuci kita harus nimbang baju. kaya kurang kerjaan aja. Lalu dia menjawab. Usahakan banyaknya baju dan air yang merendamnya jangan sampai melebihi 3/4 dari tabung mesin, kalau bisa sih cuma setengahnya, karena kalau terlalau berat mesin akan cepat rusak.Oo…begitu.. kataku sambil ngangguk-ngangguk. dan saya cuma tahan seminggu untuk melaksanakannya. karena seterusnya saya mengisi mesin sampai full ke atas tabung aku sisain sejengkal dari atas tabung agar air dan baju tidak meluap keluar. Habis saya nyucinya seminggu dua kali.  kalau cuma sedikit-sedikit bisa nyampai 3 atau 4 kali menggiling baju. cape deh… sambil mencuci saya berdoa semoga mesinnya baik-baik aja.
  • Apa yang menyebabkan mesin cuci cepat rusak? Dia menjawab, mesin cuci cepat rusak kalau menyimpannya di kamar mandi atau di tempat yang basah. Oooh.. begitu. aku bersyukur tempat menyimpan mesin cuciku disamping kamar mandi bukan di dalamnya. jadi aman…

Nah itu hasil perbincangan saya  dengan tukang reparasinya. Berikut ini  Tip- tip  menggunakan mesin cuci dari saya berdasarkan pengalaman mencuci menggunakan mesin cuci.

  1. Kalau mencuci pakaian tidak tiap hari tapi seminggu sekali atau seminggu dua kali. lebih baik beli mesin cuci dengan kapasitas besar karena lebih menghemat waktu, dari pada bolak balik mencuci sampai 3 kali atau 4 kali. tetapi bagi ibu-ibu yang suka memilah-milah baju saat mencuci, misal pakaian halus dengan halus lagi, pakaian putih dengan putih, pakaian berat dengan berat lagi dst. maka sebaiknya beli yang kecil, agar lebih efisien. demikian juga buat ibu-ibu yang mencucinya tiap hari dengan jumlah pakaian yang tidak terlalu banyak setiap mencuci. Kalau saya karena mencucinya seminggu dua kali terus terang jadi menyesal membeli yang 7 kg coba kemarin beli yang kapasitasnya lebih besar. dan perlu di ingat mesin cuci yang besar memungkinkan kita mencuci selimut yang tebal dan besar. ini jadi pertimbangan penting dari pada harus mencuci selimut ke laundry
  2. Gunakan air yang bersih dan jernih , air yang berwarna kuning menyebabkan penyumbatan pada saringan air sehingga kita harus bolak-balik membersihkan saringan air. tapi kalau engga ada sih.. gunakan yang ada aja. kalau tersumbat masukan aja air langsung ke dalam mesinnya. bila perlu masukan pakai ember biar lebih lancar lagi. ( he..he..he..) serius saya suka melakukannya. soalnya saya suka engga sabaran kalau aliran airnya kecil karena tersumbat kan waktu mencuci jadi lama
  3. Masukan detergen langsung ke dalam mesin setelah pakaian terendam air. karena kalau melalui tempat penyimpanan kadang suka menggumpal ( serbuk ) atau tidak rata. saya suka membuka tutup mesin saat mesin sedang memutar atau membilas. asal jangan di buka saat mengeringkan ya.. soalnya pasti mesin langsung mati. Jadi kalau saya.. mencuci biarkan air mengalir ke mesin lalu setelah setengahnya masukan detergen kocek-kocek pakai tangan kemudian selesaikan seperti biasanya.
  4. Simpan mesin di tempat yang kering dan beri alas ( bisa di beli saat membeli mesin cuci ) agar aman.
  5. Hati-hati dengan baju luntur. karena itu adalah mimpi buruk saat lupa memisahkan dengan baju yang lain.

Demikianlah kira-kira pengalaman mencuci saya menggunakan mesin cuci. mencuci dengan mesin cuci tidak akan sebersih kalau mencuci menggunakan tangan tapi sangat membantu bagi ibu-ibu yang kekurangan waktu dan tenaga untuk mencuci manual. Intinya awet tidaknya suatu barang tidak hanya tergantung dari merk tetapi bagaimana kita menggunakan barang tersebut. Kalau kita menggunakannya sesuai petunjuk di buku panduan maka Insha Alloh akan akan aman dan awet.

Catatan di atas adalah di buat berdasarkan pengalaman saya mencuci dan tidak terlalu  mengikuti buku panduan yang ada.  Tips di atas di tulis berdasarkan kepraktisan saya selama mencuci. Dengan gaya mencuci seperti itu saya hanya mengalami kerusakan sekali yaitu PCB nya mati itu juga karena saya tidak mencabut aliran listrik dari stop kontak listrknya. mungkin saja  pengalaman akan berbeda dengan yang lainnya. Terima kasih sudah membaca semoga dapat membantu bagi pengguna mesin cuci seperti saya.

 

Leave a comment »

ARTI TANGISAN BAYI

Terkadang kita suka kebingungan kalau bayi kita menangis. Mau ditanya, jelas engga akan bisa jawab. Mana ada bayi yang bisa ngomong kecuali Nabi Isa. Untungnya kedua anakku laki-laki, jadi aku tidak terlalu dipusingkan dengan tangisan. Lagipula kedua anakku sewaktu bayi bertipe malaikat, mereka jarang menangis dan murah senyum.
Tapi jangan khawatir berikut ini adalah tips mengenali arti tangisan bayi anda, walau tidak 100% akurat. Berdasarkan pengalamanku dengan bayi-bayiku dan keponakanku tidak ada salahnya buat dibaca.
Oh ya artikel ini aku ambil dari iklan MOLTO ditambahi dengan pengalamanku menangani bayiku.

1. Si kecil menangis berulang-ulang dengan jeda untuk menarik nafas. Mungkin dia sedang lapar. cobalah beri dia susu ( ASI atau Formula ) atau makanan kesukaannya.

2. Si kecil menangis melengking, terengah-engah, kemudian menangis lagi. tidak mau disusui atau dibujuk dengan cara apapun. Mungkin ia terjatuh dan badannya sakit, ayunkan tubuhnya dengan lembut. Kalau dia tidak mau diayun mungkin dia lagi kholik ( kholik adalah sakit perut yang diakibatkan terperangkapnya udara ketika menyusui). Gendong ia dengan posisi bertelengkup di bahu seperti posisi hendak menyendawakan lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut sambil bershalawat atau bersenandung.

3. Si kecil menangis berteriak tanpa henti, tidak mau diayun atau digendong dengan cara apapun. Mungkin ia bosan, ajaklah ia bermain-main dengan bersenandung, atau berbicara. Jika hari masih siang Kalau dan dia masih menangis ajak saja dia keluar rumah . Berjalan-jalan atau bertemu teman sebayanya salah satu hal yang cukup ampuh untuk membuatnya terdiam dan tertawa lagi.

4. Si kecil menangis merengek-rengek dan tidak mau tidur padahal sudah jamnya dia untuk tidur. susui atau beri dia dot kalau dia menolak karena mungkin perutnya kenyang, angkat saja lalu timang-timang, ayun tubuhnya dengan perlahan hingga terlelap.

5. Si kecil menangis seakan ia sedih atau marah. Ia kesepian, temani saja sampai ia tenang kembali.

6. Si kecil menangis dengan memilukan diikuti gerakan tubuh yang lesu dan lemah, bahkan tangisannya mungkin terdengar seperti suara rintihan. Ia sakit segera bawa ke dokter.

dan yang terakhir ini iklan dari MOLTO nya, he..he..he…

7. Si kecil menangis bertambah keras dan mulai menggeliat-geliat di tempat tidurnya. Ia merasa tidak nyaman dengan pakaian, seprai dan selimutnya. Coba ganti dan bilas semuanya dengan MOLTO PURE.
Oh..ya cek juga badannya mungkin ada bentol atau serangga yang menggigit segera beri minyak kayu putih, atau Calladine atau bawang merah yang dibelah lalu getahnya oleskan ke bentolnya.

Komentar dimatikan

TANAMAN HIDROPONIK

Salah satu cita-cita muliaku adalah memiliki kebun sayuran sendiri di rumah. Khayalanku adalah setiap aku butuh sayuran maka aku akan memetiknya langsung di kebun. Sunguh amat mulia..hi..hi..Aku sudah sempat mencobanya sebelum rumah dan halaman rumah ku di renovasi. Hasilnya walau belum memuaskan dan banyak menuai kegagalan tapi tidak terlalu memalukan untuk diuji ulang. Kali ini aku berencana ingin memiliki tanaman hidroponik mengingat harga tanah lembang ( tanah yang bagus untuk berkebun ) cukup mahal dan ribet belinya, belum lagi tanah di pot suka habis kalau kena air hujan sehingga harus selalu ditambah secara berkala ke pot. Berikut ini adalah artikel yang aku sarikan dari Majalah Kartini no 2094.
Kata hidroponik berasal dari kata hidro, yaitu air, dan ponus berarti daya. Secara keseluruhan, hidroponik berarti tanaman yang dibudidayakan dengan air. jadi, tidak menggunakan media tanah sebagai tempat tumbuhnya. Tanaman hidroponik beda dengan tanaman organik, tanaman organik tanpa menggunakan larutan pestisida kalau hidroponik bisa saja menggunakan larutan pestisida. Media dari tanaman hidroponik dapat berupa talang air, akuarium, galon aqua atau apapun yang bisa di isi air. Untuk benih dan pupuk hidroponik bisa didapat di toko pertanian, atau di supermarket terdekat. Kalau di Bandung, bisa dicari di TOSERBA BORMA.
Cara menanamnya sebagai berikut :
1. Ambil media tanam seperti gelas plastik bening bekas. isi dengan bubuk arang sekam yang telah dibakar dengan suhu tertentu untuk mematikan mifkoorganisme pangganggu tanaman. atau cari saja di tukang bunga, atau beli di toko pertanian.
2. Sebarkan benih di atasnya. Waktu semai, berkisar antara 13-15 hari, pindahkan tanaman ke media air misalnya berupa talang air.
3. Selesai, tinggal dirawat dan diberi pupuk

Kelebihan lain dari tanaman hidroponik, akar sayuran ini dibiakan melekat, sehingga relatif lebih tahan dari kebusukan. Bila kita menyimpannya pasa suhu ruangan, tanaman pun bisa awet hingga seminggu lamanya. bila disimpan di dalam lemari pendingin, umumnya lebih tahan lagi, hingga dua minggu. Jadi teman-teman kita coba yu menanam tanaman hidroponik….

Leave a comment »

MENGOLAH MAKANAN SISA

MENGOLAH MAKANAN SISA

Jika ada makanan sisa sebaiknya tidak dibuang begitu saja, ingat di luar sana masih banyak orang yang memerlukan makanan. tetapi kalau tidak mungkin makanan itu dimakan kembali karena suami dan anak-anak tidak mau memakannya karena udah bosan atau bentuknya sudah tidak menarik lagi, berikut adalah tips mengolah makanan kembali yang saya ambil dari majalah Femina tahun 2005 dan pengalaman saya pribadi.

1. Ada sisa ayam goreng, gepuk, ayam bakar, opor ayam atau cumi, goreng ikan mas, nila atau ikan asin , and everything sejenis daging, ikan laut atau asin. suir makanan tersebut untuk dicampur dengan masakan lain seperti nasi goreng, tumis sayuran, isi pastel atau kroket.
2. Jika anda memasak gudeg yang biasanya kita masak dengan porsi yang tidak sedikit, karena alasan masak yang ribet maka rasanya mustahil kalau kita bikin gudeg hanya untuk sekali makan. Dan ujungnya bisa ditebak gudeg bakalan tersisa dan siap menghuni tong sampah. eits… sekarang jangan dibuang, tambahkan irisan bawang merah, bawang putih cabai rawit, serai dan daun singkong lalu tumis.
3. Hidangan pasta atau mi : aduk rata dengan telur tambahkan keju, sosis dan toping lainnya jika ada tuang ke dalam loyang lalu panggang. Taraaam… jadilah skutel yang enak.
4. tempe goreng : haluskan bersama cabai rawit, bawang putih, dan kencur menjadi sambel tempe.
5. tahu goreng : iris tipis-tipis lalu goreng kering.. rasanya bakalan seperti kerupuk tahu yang enak.
6. Buah-buahan tidak termakan karena lupa menyimpan di dalam kulkas..kalau belum busuk bentuknya sudah lunak dan berair bisa dimanfaatkan sebagai berikut : strawberi, nanas, mangga olah saja jadi selai. kalau pisang yang warnanya udah hitam tapi isinya masih layak makan bisa buat campuran kue bolu pisang.
7. roti tersisa yang terkadang teksturnya sudah agak keras, potong dadu, tumis dengan minyak zaitun berikut bawang putih cincang dengan garing, taburi keju parmesan, jadilah crouton. atau buat puding, campur roti dengan kismis, susu kental manis dan telur ayam. Masukan ke dalam loyang kemudian panggang.
8. Kumpulkan sisa- sisa potongan worel, daun bawang, seledri dan bawang bombay, rebus bersama air di atas api kecil sampai maang lalu saring. tuang ke dalam cetakan es batu lalu simpan dalam freezer kalau perlu tinggal ambil.
9. Oh ya sayur kacang yang tidak habis bisa di masak sampai airnya kering terus tambahkan kecap bila suka. setelah kering beri minyak kelapa lalu goreng kering.

tapi hati-hati tidak semua makanan sisa bisa diolah lagi lho, sayur-sayur yang sudah dimasak seperti bayam, kangkung hindari pengolahan ulang karena bahaya untuk kesehatan tubuh.

Comments (3) »

Membuat tepung beras dan bubur bayi untuk makanan bayi

Membuat makanan bayi sendiri, tentu saja lebih hemat, higienis dan lebih aman karena tanpa bahan pengawet.  Selain itu kita juga bisa menghindari bahan makanan yang menyebabkan alergi pada bayi kita, misalnya susu sapi, keju, telur atau jenis makanan lainnya.  Untuk MPASI pertama yaitu pemberian makanan pertama pada bayi dengan usia 6 bulan biasanya  makanan yang diberikan berupa bubur susu yang encer atau runny .Bahan dari bubur susu biasanya tepung beras. baik tepung beras putih maupun beras merah. Untuk hasil terbaik gunakan beras organik. Di Griya sumber sari Bandung beras organik ini dapat diperoleh. Untuk beras merah ada dalam kemasan 2 kg sedangkan untuk beras putih waktu aku beli cuma ada kemasan 5 kg. Adapun cara membuat tepung beras yang aku baca di WEB tipsbayi serta aku tambahi dengan pengalaman aku sendiri ketika membuatnya langsung adalah sebagai berikut :

1. Cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan.

2. Sangrai sampai terlihat warnanya menguning. Kalau aku sih pakai sobekan daun pandan sebagai indikator bahwa beras sudah matang. Caranya dengan mengikut sertakan sobekan daun pandan ( kira-kira panjang sobekan  daun pandannya sepanjang jari telunjuk). tanda beras sudah matang adalah jika daun pandannya sudah mengering tapi tidak gosong.

3.  Jika sudah matang dinginkan beras lalu blender menggunakan blender dry mill ( blender kecil untuk menghaluskan bumbu kering )

4.  Saring hasil blenderan dengan menggunakan saringan tepung yang tidak lolos tersaring blender lagi lalu saring lagi.

5.  Simpan tepung beras dengan wadah tertutup seperti tupperware atau tempat lainnya yang aman dan tertutup.

CARA MEMBUAT BUBUR BAYI

Adapun contoh resep membuat bubur bayi yang aku contek dari    Makanan Untuk Bayi   dari blog Bikin Betah  adalah sebagai berikut :

BUBUR BERAS MERAH WORTEL

 

Bahannya:

~ 2 Sendok Makan tepung beras merah

~ 100 ml air matang

~ 200 ml ASI (2 Sendok Makan susu formula I larutkan ke dalam 200 cc air)

~ 60 g wortel, rebus, haluskan

 

Langkah Membikinnya:

~ Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata ( kalau aku sih buburnya diaduk-aduk terus sampai matang karena kalau dibiarkan nanti buburnya bergumpal atau malah jadi gosong).

~ Jerang di atas api kecil hingga matang. Masukkan wortel, aduk rata. Angkat.

~ Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata.

 

Untuk 2 Porsi Hidangan

Nilai gizi per Porsi Hidangan:

Energi: 84 Kkal

Protein: 2,8 g

Lemak: 1,1 g

Karbohidrat: 15,7 g

Comments (3) »