CARA MENGGUNAKAN PANCI PRESTO

Panci presto adalah panci yang sangat berguna untuk saat ini.  Selain menghemat waktu, panci ini juga membuat daging lebih empuk dan lembut. Hanya saja terkadang untuk orang yang pertama kali menggunakan panci presto bisa jadi nightmare juga. Kalau meledak gimana..padahal engga akan meledak kho kalau kita tahu cara pakenya. Kecuali itu panci dipake ngerebus bom rakitan.

Di bawah ini ada tips buat pake itu panci, semoga bermanfaat.

1.  Jangan lupa baca petunjuk penggunaan panci jika itu panci baru beli.

2.  Selalu cuci bersih setiap peralatan masak yang baru dibeli sebelum digunakan.

3.  Masaklah sesuatu untuk mencoba pertama kali. Panci hanya digunakan untuk memasak yang ada airnya bukan yang kering.  Misalnya : buat bubur, merebus daging, membuat opor, merebus bahan makanan yang membutuhkan waktu memasak sedikit lama seperti kacang hijau, daun singkong misalnya. Jangan sekali-kali merebus sayuran yang cepat lunak di presto karena  nanti akan jadi bubur sayur. Soalnya aku pernah merebus labu kuning di presto buat bikin kolak hasilnya adalah  bubur labu kuning.

4.  Waktu memasak menggunakan panci presto dihitung setelah knop uap berbunyi dan berputar. Jadi jangan panik yang kalau mendengar bunyi desisan pada panci presto yang bunyinya memang cukup keras dan menakutkan.

5.  Kalau sudah masak segera matikan kompor dan buanglah uap panas dipanci tersebut. Jangan sekali-kali panci dibuka dalam keadaan panci masih mengandung uap panas nanti mleduk.  Cara mengeluarkan uap panas adalah dengan diganjal knopnya oleh sendok. Biarkan uap panas keluar sampai habis. Tanda uap panas sudah habis adalah ketika knop di ungkit oleh sendok maka sudah tidak ada asap dan bunyi desisan yang keluar.  Lalu kunci pengait panci dan tutupnya terbuka. dan panci mudah dibuka dengan cara diputar.

6.  Jangan membuka panci secara paksa karena itu tandanya masih ada uap panas di dalamnya.

7.  Ok…buat teman-teman selamat menggunakan panci presto.

About these ads

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    mysha berkata,

    apa indikator masakan matang? apakah direka2 30 menit misalnya?
    tfs

    • 2

      gitamaharani berkata,

      mohon maaf baru dibalas. matang atau tidaknya suatu masakan tergantung jenis masakannya. Ada patokan waktu yang sudah ditentukan untuk setiap jenis masakan. Misal untuk daging sapi sekiar 30 menit. untuk ketupat sekitar 60 menit.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 669 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: